Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah
jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat
banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui
mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya
berperan sebagai penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang
dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk
terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal
dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan
iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.
Dalam pasar persaingan sempurna jumlah perusahaan
sangat banyak dan kemampuan setiap perusahaan dianggap sedemikian kecilnya,
sehinga tidak mampu mempengaruhi pasar.
Ciri-ciri:
1.Terdapat
banyak pembeli, tetapi mereka tidak mampu memengaruhi harga
2.Terdapat
banyak penjual
3.Barang dan
jasa yang dijual bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan
4.Adanya
kebebasan untuk masuk dan keluar dari pasar persaingan sempurna
5.Setiap
pihak dapat mengetahui keadaan pasar dengan mudah (perfect information)
6.Adanya
kebebasan untuk mengambil keputusan
Kebaikan
pasar persaingan sempurna
1. Harga
terbentuk berdasarkan interaksi permintaan dan penawaran
2. Harga
menjadi indikator kinerja produsen
3. Fungsi
produksi berlangsung secara efisien
4. Harga
barang logis, sesuai dengan permintaan pasar
5.
Sumberdaya produksi bebas keluar masuk, sehingga kegiatan ekonomi lebih sehat.
Keburukan
pasar persaingan sempurna
1. Barang yang diperdagangkan bersifat
homogen
2. Tidak ada keunggulan produk
dibandingkan produk lain
3. Inovasi menjadi terhambat
3. Inovasi menjadi terhambat
http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_persaingan_sempurna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar